Jumat, 11 November 2011

BPADSU GELAR PESTA BUKU BUDAYA DAN TEKNOLOGI SUMUT 2011

infokotamedan.com - Badan perpustakaan arsip dan dokumentasi Sumatera Utara (BPADSU) akan mengadakan pesta gelar buku, budaya dan teknologi Sumatera Utara ke-11 tahun mengambil tema Membangun Karakter Bangsa Melalui Perpustakaan yang berlangsung mulai besok, 11 -17 Nopember 2011 di kantor BPADSU Jalan Brigjen Katamso Medan.
Demikian dikatakan Kepala BPADSU Nurdin Pane SE MAP melalui Sekretaris Drs Chandra Silalahi MSi didampingi Kabid Layanan Informasi dan Teknologi Mery Pardede SE MM, Kabid Pembinaan SDM Dra Hj Nurjani Msi, Kabid Arsip Daerah Drs Jekson Saragih dan Kabid Pengembangan Data drh Mulkan Harahap kepada wartawan, Rabu (9/11).
Di era reformasi ini karakter elemen masyarakat untuk ruang lingkup berskala nasional, secara kasat mata mengalami penurunan. Tema karakter ini sangat menarik untuk meningkatkannya lewat membaca di perpustakaan. Sehingga dengan acara pesta gelar buku, budaya dan teknologi diharapkan mampu menjadi penopang dalam peningkatan karakter bangsa demi kemajuan sebuah bangsa yang belakangan ini semakin mengendurnya karakter bangsa, ungkapnya.
Ia mengatakan, pelaksanaan pesta gelar buku, budaya dan teknologi ini, akan diisi dengan berbagai kegiatan lomba, diantaranya karnaval mobil pintar dan mobil perpustakaan keliling Provinsi dan Kab/Kota se Sumatera sekaligus acara pembukaan yang akan dilangsungkan penyerahan hadiah bagi peserta yang telah menang untuk tingkat nasional yang mewakili Sumatera Utara.
Selain itu kegiatan tersebut juga menyelenggarakan lomba mewarnai tingkat TK, lomba scraible tingkat SMA sederajat, animasi tingkat umum usia 17-21 tahun dan banyak lagi lomba lainnya. Bahkan acara pesta gelar buku, budaya dan teknologi ini juga memberikan kesempatan kepada wartawan dan masyarakat luas untuk mengikuti lomba penulisan artikel yang mengambil tema membangun karakter melalui perpustakaan.
Kita harapkan dengan kegiatan ini minat baca masyarakat yang mulai tinggi seiring dengan tingginya jumlah pengunjung perpustakaan di Medan dan daerah lainnya agar bisa ditingkatkan lagi. Selain itu kita juga berharap minat beli masyarakat akan tumbuh mengingat dalam pelaksanaan kegiatan itu juga akan mengadakan pesta discoun besar-besaran, sebutnya.
Menurut Chandra kegiatan pesta gelar buku ini akan menghadirkan lebih dari 32 penerbit buku baik dari penerbit buku di Sumut maupun penerbit buku di Pulau Jawa dalam acara pemeran gelar buku budaya dan teknologi tahun 2011.
Seluruh peserta lomba yang berasal dari kalangan siswa dan mahasiswa serta masyarakat di Medan tidak akan dipungut biaya pendaftaran (gratis) dan bagi peserta pemenang lomba akan diberikan hadiah dan bingkisan, ujarnya.
Kegiatan tahun ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, selain lebih banyak memberikan kesempatan kepada siswa, mahasiswa, dan masyarakat untuk berpartisipasi. Dalam kegiatan ini nantinya kita akan memamerkan buku-buku kuno yang terbuat dari kulit kayu, ungkap Chandra di akhir pertemuan.
Kegiatan tersebut akan dibuka Plt Gubsu Gatot Pujonugroho ST dihadiri Kepala Perpustakaan Nasional, Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Pusat, anggota DPRD, pemerhati buku dan masyarakat di Sumut.

sumber : pemkomedan.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baru ! Jejaring Sosial Buatan Lokal Indonesia . Yo..Gabung !