Senin, 31 Oktober 2011

UMSU Sembelih 12 Hewan Kurban

infokotamedan.com - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) pada hari raya Idul Adha 1432 H yang jatuh pada 6 November mendatang, akan menyembelih sebanyak 12 ekor lembu.

Penyembelihan ini akan dilaksanakan di Kampus Utama UMSU, Jalan Kapten Mukhtar Basri No 3 Medan selepas pelaksanaan sholat Idul Adha 1432 H.

Ketua Panitia acara sekaligus Kepala Biro Umum, Ahmad Sinaga mengatakan, pelaksanaan penyembelihan hewan qurban ini akan dilakukan pertama oleh Rektor UMSU Drs Agussani MAP didampingi para wakil rektor dan dekanat di lingkungan UMSU.

Alhamdulillah, tahun ini hewan qurban yang disembelih di UMSU meningkat, di mana pada tahun lalu UMSU menyembelih hewan qurban sebanyak 9 ekor dan tahun ini naik menjadi 12 ekor lembu, katanya, hari ini (24/10), di Medan.

Ia mengatakan, dari 12 ekor lembu yang akan disembelih, 2 ekor akan diberikan kepada masyarakat sekitar kampus. Hal ini dilakukan sebagai wujud kepedulian UMSU, di mana nantinya pelaksanaan pemotongan dan pembagian dagingnya dilakukan oleh masyarakat sendiri dibawah koordinasi Kepala Lingkungan.

Sementara yang 10 ekor, lanjutnya, disembelih di kompleks Kampus dan dagingnya dibagi-bagikan kepada para karyawan, dosen dan civitas akademika UMSU lainnya.

Sementara itu, Rektor UMSU Agussani menyebutkan, hakikat berqurban itu mengandung dua dimensi ibadah dalam Islam, yakni Hamblum Minallah dan Hablum Minannas, dalam arti berqurban merupakan simbol kepatuhan kepada perintah Allah SWT dan juga merupakan kepedulian atau sikap berbagi dengan sesama manusia.

Mudah-mudahan di tahun-tahun mendatang para civitas akademika UMSU khususnya mereka yang berpenghasilan tinggi lebih meningkat lagi motivasinya dalam berqurban, sehingga menjadi tauladan bagi umat Muslim lainnya, kata Rektor.


sumber : pemkomedan.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baru ! Jejaring Sosial Buatan Lokal Indonesia . Yo..Gabung !