Minggu, 18 September 2011

Kegiatan PNPM-MP di Siantar Utara Diresmikan



infokotamedan.com, Pematang Siantar - Wali Kota Pematangsiantar Hulman Sitorus menyerahkan serta meresmikan seluruh kegiatan yang dilaksanakan PNPM-MP (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Pedesaan) Kelurahan Kahean Kecamatan Siantar Utara , Sabtu 17 September 2011.

Dalam kegiatan ini hadir Asisten III, Leonard Simanjuntak, Kabag Humas Daniel Siregar,Camat Siantar Utara Junedy Sitanggang, anggota DPRD Pematangsiantar, Thomas Hardi serta pengurus koordinator kota PNPM Mandiri Perkotaan Rajak. Awalnya dilakukan pengguntingan pita jembatan di Jalan Damar Gang Durian, dilanjutkan peninjauan bedah rumah.

Hulman Sitorus lalu menyerahkan langsung sertifikat rumah warga yang  dibedah yakni Kasianus Sirait dan istrinya Kristina br Butar-Butar. Lalu menyerahkan bantuan perlengkapan sekolah berupa seragam dan tas sekolah kepada lima orang perwakilan anak warga yang kurang mampuh dan enam orang perwakilan penerima manfaat.

Sebaliknya, Hulman Sitorus juga menerima cendramata berupa ulos dan makanan dari perwakilan warga sebagai ungkapan terima kasiih atas penyelenggaraan kegiatan PNPM-MP di Kelurahan Kahean.

Ketua KSM Anggrek, BP.Sitorus (mewakili KSM di Kelurahan Kahean), selaku panitia, menjelaskan kegiatan PNPM -MP di Kelurahan Kahean tahun 2011 dengan pembangunan jembatan di Jalan Damar Gang Durian, bedah rumah, penyerahan bantuan perlengkapan anak sekolah dasar berupa seragam dan tas sekolah. Kegiatan yang diselenggarakan KSM Anggrek dengan dana BLM sebesar Rp 10 juta ditambah swadaya masyarakat sebesar Rp 2,4 juta serta penerima manfaat sebanyak 60 orang.

Sementara itu Ketua BKM Lestari, N br Damanik, menjelaskan dalam pembangunan jembatan di Jalan Damar Gang Durian, menggunakan dana BLM sebesar Rp 31,5 juta ditambah swadaya masyarakat sebesar Rp 12, 4 juta, yang dilaksanakan KSM Durian. Sedangkan  bedah rumah di Jalan Damar dengan menggunakan dana BLM sebesar Rp 28,5 juta  ditambah swadaya masyarakat sebesar Rp 9,6 juta diselenggarakan KSM Dos Ni Roha.

Pihaknya juga mengharapkan kerjasama dengan pemko terkait perencanaan jangka menengah program penanggulangan kemiskinan (PJM-Pronangkis) 2011-2014 dari BKM Lestari. Pasalnya, jika hanya mengharapkan sumber dana dari PNPM-MP, tidak mungkin untuk merealisasikan semua program-program tersebut.

Wali Kota Hulman Sitorus, mengatakan dukungan penyelenggaraan PNPM-MP, karena kegiatan yang diselenggarakan sangat membantu Pemko Pematangsiantar dalam melakukan pembangunan ditengah-tengah masyarakat, hingga di tingkat Kelurahan. Dikatakan, melihat kompleksitas kemiskinan, maka mutla diperlukan strategi yang tepat untuk mengatasinya.

"Kemiskinan tidak sebatas persoalan pendapatan, namun juga menyangkut akses kebutuhan hidup yang layak. Langkah utama yang harus dilakukan adalah membangun akses terhadap kaum miskin untuk memperbaiki kualitas hidupnya," sebutnya.

Menurutnya, kaum miskin harus didampingi dalam meningkatkan kapasitas secara menyeluruh. Program pembangunan kapasitas hidup kaum miskin adalah meliputi kemampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar, memperoleh mata pencaharian berkelanjutan, mengelola asset, menjangkau sumber-sumber dan partisipatisi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Sehingga tercapai konsep pemberdayaan secara utuh, yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kota Pematangsiantar. (eksposnews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baru ! Jejaring Sosial Buatan Lokal Indonesia . Yo..Gabung !