Sabtu, 27 Agustus 2011

Jalur Alternatif Lintas Sumatera di Wilayah Deli Serdang

LUBUK PAKAM(EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, menyiapkan beberapa jalur alternatif untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di jalan lintas Sumatera di daerah itu selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2011.

"Untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di sekitar jalan lintas Sumatera, kami menganjurkan kepada para pengguna kendaraan bermotor roda dua dan roda empat sebaiknya memilih beberapa jalur alternatif di wilayah Deli Serdang," kata Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang Neken Ketaren di Lubuk Pakam, Sabtu, 27 Agustus 2011.

Jalur alternatif yang berada di sisi kiri dan kanan sepanjang ruas jalan lintas Sumatera (Jalinsum) tersebut dapat dilalui para pengemudi kendaraan bermotor dari arah Pematang Siantar menuju Medan, dari Kabupaten Langkat menuju Kota Binjai hingga Medan serta dari kota turis Berastagi menuju Medan dan arah sebaliknya.

Dia memaparkan, bagi pengemudi kendaraan bermotor dari arah Pematang Siantar dan Tebing Tinggi yang akan menuju Medan dapat memilih jalur alternatif di Deli Serdang dengan memasuki ruas jalan raya menuju Kecamatan Dolok Masihul, Kecamatan Serdang Bedagai.

Bagi pengemudi kendaraan bermotor dari arah Langkat dan Binjai yang akan menuju Kota Medan dapat memilih beberapa jalur alternatif, di antaranya dari Kecamatan Tandem Hilir-Buluh Cina-Sunggal, Pelumpang-Hamparan Perak.

Sementara untuk jalur alternatif Medan-Berastagi via Deli Serdang, para pengemudi kendaraan bermotor dapat menempuh jalan kabupaten di Kecamatan Deli Tua-Namorambe-Sembahe.

Jalur alternatif di Deli Serdang diperkirakan juga relatif ramai dilalui kendaraan, terutama mulai H+2 Lebaran karena momentum tersebut banyak dimanfaatkan warga masyarakat setempat untuk bersilaturrahmi ke rumah keluarga dan bepergian ke beberapa lokasi wisata.

Dari pantauan , memasuki H-3 atau Sabtu arus lalu lintas di ruas Jalinsum di Kabupaten Deli Serdang mulai dari Simpang Penara Tanjung Morawa hingga Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, mulai ramai dipadati kendaraan bermotor yang didominasi mobil pribadi dan bus angkutan umum dari masing-masing arah berlawanan.

Di sekitar Tanjung Morawa, misalnya, sejumlah petugas kepolisian tampak bersiaga di beberapa titik rawan macet, di antaranya di sekitar pintu tol Tanjung Morawa dan jembatan Sungai Belum.(an)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baru ! Jejaring Sosial Buatan Lokal Indonesia . Yo..Gabung !