Rabu, 09 November 2011

Bank SUMUT Raih Penghargaan MURI


infokotamedan.com - Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan penghargaan kepada PT. Bank Sumut sebagai bank umum pertama yang konsisten memberdayakan perempuan melalui kredit mikro secara langsung dengan sistem kelompok tanpa agunan.

Penghargaan itu diserahkan Manager MURI, J. Ngadri kepada Dirut PT Bank Sumut Gus Irawan Pasribu didampingi Walikota Medan Rahudman Harahap pada pada acara Malam Pesona 50 Tahun Bank Sumut, Jumat (4/11) malam. di Hotel J Marriot Medan.

Malam penghargaan itu dimeriahkan penampilan group Band Wali yang memukau sedikitnya lebih 1.500 undangan, dari berbagai kalangan, termasuk sejumlah kepala daerah kabupaten/kota se Sumut yang juga merupakan pemegang saham PT. Bank Sumut.

J.Ngadri mengatakan, PT. Bank Sumut layak menerima penghargaaan, setelah pihaknya memastikan bank pembangunan daerah (BPD) kebanggaan masyarakat Sumut itu, merupakan bank umum yang secara langsung dan konsisten sejak tahun 2008 menyalurkan kredit mikro khusus bagi kaum perempuan pelaku usaha mikro dengan jumlah debitur, mencapai 60 ribu orang, yang tersebar di berbagai kabupaten/kota di Sumut.

Dirut Bank Sumut Gus Irawan mengatakan, sebelum mendapat rekor MURI, kredit mikro khusus kaum perempuan yang diberi nama Kredit Sumut Sejahtera (KSS) itu, juga telah mendapat anugerah Rekor Bisnis dari Tafa Foundation bekerjasama dengan Harian Seputar Indonesia.

Alhamdulillah, pegakuan dari MURI ini merupakan apresiasi yang tinggi atas terobosan yang dilakukan Bank Sumut sekaligus kado istimewa di HUT ke-50 Bank Sumut, ujar Gus Irawan.

Disebutkannya, penghagaan MURI bukanlah tujuan utama, melainkan bagaimana program pemberdayaan perempuan pelaku usaha mikro ini bisa berkembang lebih luas di masyarakat khususnya kaum perempuan prasejahtera dan semakin memotivasi para pegawai Bank Sumut untuk berkreativitas dan berkarya.

PERBANKAN MODERN

Dikatakannya, sejak 2008 hingga November 2011 sudah ada 2.360 kelompok keuangan mikro (KKM) dengan total anggota mencapai hampr 60 ribu orang perempuan pelaku usaha mikro.

Peserta program KSS menerima pinjaman bertahap dari Rp 500 ribu - Rp 5 juta. Para penerima kredit sangat displin memenuhi kewajibannya mencicil pengembalian pinjaman sehingga tingkat kedit macetnya hanya 1,83 persen atau jauh di bawah NPL yang ditetapkan oleh Bank Indonesia yakni 5 persen.

Malam Pesona 50 Tahun PT. Bank Sumut merupakan puncak dari rangkaian acara HUT Tahun Emas BPD terbaik di Indonesia

Sebelumnya, telah dilaksanakan kegiatan kompetisi seperti pertandingan olahraga, seni, fotografi, lomba karya tulis, fun bike dan jalan santai, donor darah, bantuan sosial ke panti asuhan dan panti jompo, dan pameran UMKM.

Walikota Medan Rahudman Harahap mengharapkan, di usianya yang ke-50 PT. Bank Sumut dapat lebih berkembang menjadi perbankan yang modern dan mampu bersaing di tengah ketatnya bisnis perbankan.
Apalagi Bank Sumut, akan segera menjadi bank devisa dan diharapkan tahun depan akan masuk ke pasar bursa melalui penawaran saham perdana (IPO), sehingga dituntut untuk lebih profesional.

sumber : pemkomedan.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baru ! Jejaring Sosial Buatan Lokal Indonesia . Yo..Gabung !