Kamis, 08 September 2011

Pantai Sorake, Nias, Surga Peselancar


Selain atraksi peselancar, mata wisatawan bakal terhenyak melihat tingginya ombak. Apalagi jika Anda penggemar surfing, bersiaplah adu nyali di sini.

Pantai Sorake

HARI masih terbilang pagi, jarum panjang menunjuk angka tujuh di arloji kami. Namun keheningan pagi di Nias, awal Juli lalu, sontak hilang manakala terdengar suara riuh belasan peselancar (surfer) asing. Suara ramai mereka, bersaing riuh dengan debur ombak di Pantai Sorake. �Mereka seolah tak sabar ingin menangkap lidah ombak, yang menawarkan sensasi berselancar. Ya, Pantai Sorake memang menawarkan tarian ombak bagi para penggila selancar. Meski dipenuhi karang tajam, Pantai Sorake tetaplah "surga" para peselancar. Dan pagi itu, para "petualang laut" memuntahkan segala kerinduan untuk menggeluti ombak di "Keyhole" (pintu masuk menuju ombak) Pantai Sorake.

Saat gulungan ombak besar datang, mereka pun sigap menyambut sambil berdiri di atas papan selancar. �Bak penari, para peselancar ini meliuk-liuk di jelujur ombak Pantai Sorake, hingga akhirnya ombak mengempis. Namun episode ini tak berhenti,_mereka_kembali berenang ke tengah menuju titik "Keyhole" untuk menunggang ombak berikutnya.

Ditemani desir angin pantai dan suara liuk nyiur, para peselancar asing terus memacu adrenalinnya. Ombak yang bergulung-gulung tak membuat mereka ciut nyali. Tubuh-tubuh menjulang dan besar itu, kembali ke tengah pantai bersama papan selancar yang dikayuh tangan bertumpu dada. Tak seperti pantai lain di Indonesia, Sorake memang dikenal memiliki berbagai tingkatan ombak. Dalam artian, selalu ada ombak berikutnya yang datang dalam waktu cepat. Jadi, tak usah khawatir kehabisan ombak, lantaran begitu si peselancar terjatuh tergulung air maka bersiaplah untuk etape selanjutnya dengan ombak berikutnya.

Pantai Sorake dikenal memiliki ombak yang tinggi, sehingga sangat disukai terutama oleh peselancar ahli. Dengan ombak "right hander", maka si peselancar dapat naik tinggi sekaligus melakukan beberapa putaran. Tak hanya itu, kekuatan dorongan ombak di pantai ini, juga menjadi daya tarik tersendiri. Bisa dibayangkan, bagaimana si peselancar berputar di atas ombak dan kemudian menjaga keseimbangan papan selancar yang melaju kencang, tentunya ini menjadi momen indah buat para peselancar termasuk orang-orang yang menonton atraksi ini. (Majalah Warisan Indonesia , Foto: Hardy Mendrofa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baru ! Jejaring Sosial Buatan Lokal Indonesia . Yo..Gabung !